kelompok tani "Abata fish"penyedia bibit ikan air tawar bibit lele dan bibit gurami bergaransi dalam pengiriman antar pulau diseluruh indonesia serta bibit bawal dan bibit nila kwalitas unggulan

Minggu, 17 Juli 2011

cara budidaya ikan gurame


 

Budidaya ikan gurame, mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi.dan banyak pilihannya mulai dari telor gurame,bibit gurame dan ukuran komsumsi.budidayanya pun bisa diberi makan sampingan dengan daun-daun yang tumbuh disekitar kolam /sawah.
 Tak sedikit restoran mewah menyuguhkan masakan gurami sebagai menu utama. Bahkan di warung, lesehan atau tempat pemancingan tak luput dari kehadiran gurame disamping rasanya yang lezat dan empuk, ikan ini pun digemari banyak orang.. Disamping rasanya yang enak, perawatannya pun tidak terlalu sulit dan tidak memakan banyak biaya, sehingga banyak petani ikan yang mulai menggemari, membudidayakan ikan ini Cara budidaya ikan gurame
*Pertama-tama yang harus dillakukan adalah berdoa, memohon kepada Allah SWT  memohon agar ightiar kita diberikan kelancaran dan berjalan sesuai harapan. Amien…. 
*Pemilihan benih gurame  yang baik mutlak penting, karena hanya dengan benih yang baik ikan gurame akan hidup dan tumbuh dengan baik.

Persiapan kolam ikan gurame
pembesaran ikan gurame dapat dilakukan di kolam tanah maupun kolam permanen, Persiapan kolam ini dimaksudkan untuk menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yang cukup.seperti plangton dll
persiapan di kolam permanen
bersihkan kolam dari lumut dan kotoran sampai benar-benar bersih lalu di cat pakai air kapur terus dikeringkan.satu hari kemudian isi  air dengan kedalaman 30-40 cm.dan diberi prebiotik penumbuh plangton. Hal dikarenakan makanan ikan gurame sebagian besar diperoleh dari makanan tambahan atau buatan
Persiapan kolam tanah
Seperti halnya kolam permanen, kolam tanah  dikeringkan terlebih dahulu Setelah dasar kolam benar-benar kering dasar kolam perlu dikapur dengan kapur dengan dosis 20kg per 100 meter persegi. Hal ini untuk meningkatkan pH tanah, juga dapat untuk membunuh hama maupun patogen yang masih tahan terhadap proses pengeringan.  Setelah kering dan berisi air air setinggi 2-3 cm dan dibiarkan selama 2-3 hari, sambil diberi obat prebiotik penumbuh plagton atau bisa memakai pupuk kandang  yang sudah matang. Agar tidak menjadi racun Bagi ikan gurame. kemudian air kolam ditambah sedikit demi sedikit sampai kedalaman awal 40-60 cm dan terus diatur sampai ketinggian 80-120 cm tergantung kepadatan ikan..setelah air berubah warna menjadi hijau terang baru benih ikan gurame di tebar.

Caramenebar ikan gurame

Penebaran benih Sebelum benih ditebar perlu diadaptasikan, dengan tujuan agar benih ikan tidak dalam kondisi stres saat berada dalam kolam.
Cara adaptasi : ikan yang masih terbungkus dalam plastik yang masih tertutup rapat dimasukan kedalam ember besar yang berisi air dari kolam penebaran yang telah diberi obat tetrasiclin, biarkan sampai dinding plastik mengembun. Ini tandanya air kolam dan air dalam plastik sudah sama suhunya, setelah itu dibuka plastiknya dan di biarkan dalam ember sampai benih terlihat dalam kondisi baik.  Selanjutnya benih ditebar/dilepaskan dalam kolam secara perlahan-lahan.
Pemberian Pakan
Makanan pokok ikan gurame berupa pelet yang dapat diatur gizinya, namun di daerah yang agak sulit memperoleh pelet, daun-daunan merupakan alternatif yang sangat baik untuk dijadikan makanan ikan gurame
 ikan gurame merupakan jenis ikan pemakan tumbuhan (herbivora).akan tetapi Ketika pada ukuran benih ikan gurame bersipat carnivora, oleh sebab itu jenis pakan yang diberikan pada waktu gurame ukuran benih yaitu berupa kutu air (Daphnia), cacing sutra. Sifat herbivora pada ikan gurame yaitu terjadi ketika ikan gurame telah dewasa. Adapun jenis pakan yang biasa diberikan pada ikan gurame yaitu sebagai berikut :
1. Daun talas/ daun keladi
2. Daun Sente
3. Daun singkong
4. Daun kangkung
5. Daun ubi jalar
6. Daun pepaya
7. Tauge : tauge kacang hijau, tauge kacang merah, tauge dari bibit padi muda
8. Labu
9. Pakan buatan (pellet)
10. Jagung rebus
11. Dedak
12. Ampas tahu
13. Bungkil kacang
Pemberian makanan yang teratur dengan kualitas dan kuantitas yang tinggi dapat meningkatkan pertumbuhan tumbuh ikan lebih cepat.
Semoga bermanfaat

0 komentar:

Poskan Komentar