Home » , » pembesaran bibit lele dengan pakan organik

pembesaran bibit lele dengan pakan organik

Budidaya lele organik memiliki beberapa kelebihan dibandingkan budidaya lele biasa atau non-organik. Kelebihan ini khususnya terkait dengan penghematan biaya untuk pakan, serta manfaat untuk kesehatan dan rasanya sendiri. Budidaya lele saat ini sudah banyak ditemukan karena peminat lele memang cukup banyak. Namun, tak sedikit pula yang mengalami gulung tikar dikarenakan pakan lele yang harganya terus melambung. Tingginya harga pakan lele ini tak sebanding bila melihat jerih payah selama budidaya dan hasil panen yang didapatkan. Akan tetapi untuk peternak ikan lele organik, melambungnya harga pakan tersebut tidak jadi masalah. Hal ini karena mereka memang tidak menggunakan jenis pakan pabrikan yang mahal, namun membuat sendiri pakan lele berbahan dasar kotoran sapi..

Budidaya lele organik disini maksudnya budidaya ikan lele dengan pemberian pakan organik berbahan dasar kotoran sapi tadi. Budidaya lele organik sebenarnya memiliki manfaat cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah:

 Menekan biaya perawatan
 Kandang sapi lebih bersih
 Penggantian air kolam tidak perlu dilakukan
 Tidak menghasilkan bau busuk pada air kolam
 Menghasilkan pendapatan tersendiri untuk para peternak sapi
 Rasa lele organik lebih gurih
 Lebih aman bagi kesehatan
 Harga jual lele organik lebih tinggi dan bobotnya lebih berat
 Air bekas kolam lele organik cukup baik untuk pemupukan tanaman
 Memiliki kandungan kolesterol lebih rendah dan gizi yang lebih tinggi
 dan sebagainya

Dari segi biaya, budidaya lele organik cukup menghemat biaya karena harga pakan pabrikan untuk ikan lele yang bentuknya pellet terus melambung. Saat ini saja harganya sudah melebihi Rp.8.000/kg. Sedangkan pakan organik lele dapat diperoleh seharga Rp.2.000/kg.

Written by : Your Name - Describe about you

Forum ABATA GROUP penyedia benih ikan air tawar bibit gurame,lele,nila,ikan mas/tombro,karper,bawal dan patin dari ukuran kuku sampai jempol melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui cargo pesawat -081328030055.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar