Home » » perawatan larva bandeng ikan tawar

perawatan larva bandeng ikan tawar


Ikan bandeng merupakan satu jenis ikan penghasil protein hewani yang tinggi. Usaha intensifikasi budidaya perlu dilakukan karena rendahnya produktivitas bandeng dengan budidaya tradisional. Bandeng termasuk golongan ikan herbivora , yaitu bangsa ikan yang mengkonsumsi tumbuhan. Mampu mencapai berat rata-rata 0,6 kg pada usia 5 – 6 bulan dengan pemeliharaan yang intensif. Kegiatan budidaya ikan bandeng di tambak telah dikembangkan untuk waktu yang lama, hal ini didukung oleh potensi sumber daya alam yang sangat baik, terutama ketersediaan benih ikan bandeng (Nener) baik secara alami atau dari hatchery dalam Keperawatan.

Budidaya Ikan bandeng air tawar sistem polikultur merupakan jenis ikan untuk konsumsi dan hidup di payau tetapi sudah biasa di budidaya air tawar. Ikan ini cenderung sangat mudah dikembangbiakkan serta sangat mudah dipasarkan karena merupakan salah satu jenis iklan yang paling sering dikonsumsi sehari-hari oleh Masyarakat. Dengan teknik budidaya yang mudah, serta pemasarannya yang cukup luas, sehingga budidaya ikan bandeng layak dilakukan, baik skala rumah tangga maupin skala besar atau perusahaan.
Karena begitu besarnya peluang yang dapat diperoleh dari budidaya ikan bandeng ini sekarang telah berkembang budidaya bandeng di air tawar sistem polikultur dan cara pengolahan hasil panen bandeng.

Cara perawatan benih bandeng tawar

PenetasanTelur bandeng  yang mengapung di kolam pemijahan menetas setelah 24 – 26 jam dari awal pemijahan. Telur yang telah menetas akan menjadi larva yang masih mempunyai cadangan makanan dari kuning telur induk, sehingga belum perlu diberi pakan hingga umur 2 hari.

 Merawat benih. Setelah berumur 9 hari larva dipindahkan ke kolam pemeliharaan nener . Di kolam ini larva diberi pakan alami berupa plankton. Penumbuhan plankton dilakukan dengan pemupukan dan pengapuran. Pemupukan yang tepat adalah dengan pupuk yang mengandung berbagai unsur mineral penting untuk pertumbuhan plankton.
selanjutnya setelah benih bandeng sudah agak besar,benih bandeng dapat ditebar di kolam pembesaran.

Written by : Your Name - Describe about you

Forum ABATA GROUP penyedia benih ikan air tawar bibit gurame,lele,nila,ikan mas/tombro,karper,bawal dan patin dari ukuran kuku sampai jempol melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui cargo pesawat -081328030055.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar