Home » » cara membuat pakan bibit lele organik

cara membuat pakan bibit lele organik


pakan bibit lele murah adalah suatu yang pokok dalam budidaya bibit lele.dalam budidaya bibit lele kita sering di hadapkan pada suatu persoalan yang cukup rumit yaitu soal pakan bibit lele yang murah,pakan alternatif adalah jalan agar produksi pakan bibit lele dapat di tekan,untuk menekan biaya produksi dalam pakan pembesaran bibit lele tidak ada salahnya memanfaatkan pakan alternatif ber bahan organik.

Cara pembuatan pakan organik

Untuk menyiapkan pakan organik bagi bibitlele, ada beberapa langkah yang perlu diketahui. Pertama, kumpulkan kotoran sapi dalam bak atau wadah yang sudah dicampur air dan enzim bakteri silanace (yakni semacam obat pengurai kotoran sapi yang bisa didapat dari toko pertanian) guna mempercepat penguraian pada kotoran sapi. Setelah 5 hari berselang, melalui proses aerasi, cairan kotoran sapi tadi sudah siap untuk diberikan pada ibibit kan lele. Untuk cara pemberiannya sendiri bisa dilakukan dengan disiramkan.

Cukup mudah bukan? Pada intinya, anda perlu menyiapkan bak atau kolam khusus guna penyiapan pakan organik tersebut. Bila anda tidak memiliki ternak sapi, cobalah komunikasikan dengan peternak sapi di lingkungan anda untuk memperoleh limbah kotoran sapi.

Perbandingan

Untuk 1 ton lele yang siap konsumsi, jumlah kebutuhan pakan bila menggunakan pellet dapat mencapai sekitar 1 ton. Namun, pada pakan organik hanya membutuhkan sekitar 2.300 liter. Selain itu, bobot lele organik ternyata lebih berat dibandingkan lele non-organik. Sekilo lele non-organik biasanya berjumlah 8-9 ekor. Sementara lele organik perkilonya hanya berjumlah  7- 8 ekor saja.

Budidaya bibit  lele organik

Untuk memulai budidaya bibit lele organik, tahap-tahap yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut: 

1) Tahap pertama:

Tahap pertama berupa penebaran benih bibit lele ke dalam kolam. Sebelumnya, air kolam sudah terlebih dahulu diisi air bercampur kotoran ternak sapi yang telah dikomposing selama 1 bulan lamanya. Selanjutnya kotoran sapi yang sudah melalui proses komposing tersebut dimasukkan ke dalam goni rapat hingga sebanyak 3 karung. Lalu ketiga karung goni tersebut dimasukkan ke dalam air.

2) Tahap kedua:

Saat benih lele sudah berumur sekitar 2 minggu, seleksi atau pilih benih yang berukuran 4-5 milimeter. Pisahkan benih hasil seleksi ke dalam kolam yang lain untuk 2 minggu lamanya hingga ukurannya mencapai 10 milimeter. 2 minggu selanjutnya lakukan seleksi kembali untuk lele yang berukuran sekitar 20 milimeter.

3) Tahap ketiga

Tahap selanjutnya berupa pencampuran pakan organik kotoran sapi secara langsung ke dalam kolam, artinya kita tidak lagi menggunakan karung goni namun langsung menyiramkan cairan pakan organik ke dalam air kolam sampai ketinggiannya bertambah sekitar 20 cm. Pemberian pakan organik dari kotoran sapi dalam budidaya lele organik dimaksudkan untuk menghasilkan plankton dari pakan organik berbahan kotoran sapi itu.

4) Tahap keempat

Tahap keempat berupa tahap pemanenan ikan lele. Lele organik sudah siap dipanen menginjak minggu ke 8. Untuk cara pemanenannya sendiri sebenarnya tidak berbeda dengan pemanenan lele biasa, yakni bisa menggunakan jaring atau jala. Selanjutnya lele siap untuk dipasarkan.

Demikan panduan singkat seputar budidaya bibit lele organik. Mengingat banyak keuntungan yang didapat dari budidaya bibit lele organik, tidak ada salahnya anda melirik prospek ini bila berminat memulai budidaya bibit lele. 

Semoga bermanfaat.

Written by : Your Name - Describe about you

Forum ABATA GROUP penyedia benih ikan air tawar bibit gurame,lele,nila,ikan mas/tombro,karper,bawal dan patin dari ukuran kuku sampai jempol melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui cargo pesawat -081328030055.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar