Home » » mengobati bibit gurame jamuran dan radang insang

mengobati bibit gurame jamuran dan radang insang


Infeksi jamur serta radang insang alias busuk insang merupakan momok bagi pembudidaya gurami. Jika tidak segera ditangani, gurami yang terkena penyakit ini selanjutnya akan stres dan kemudian mati. Ini tentunya menjadi kerugian besar bagi pembudidaya gurami.

Setiap pembudidaya gurami biasanya telah memiliki ‘resep’ untuk mengobati infeksi jamur dan radang insang. Ada pembudidaya yang menggunakan obat racikan pabrik untuk mengobati penyakit tersebut. Sedangkan pembudidaya gurami yang tidak ingin guraminya ‘tercemar’ bahan kimia biasanya memanfaatkan tanaman herbal.

Berikut ini adalah tips mengatasi penyakit jamur dan radang insang/busuk insang yang diterapkan oleh Gosis Siswanto. Gosis adalah salah seorang pembenih gurami yang berasal dari Jambidan Bantul yang telah lama dikenal sebagai kampung budidaya gurami di Yogyakarta.

Mencegah Gurami Stress, Terkena Jamur & Radang Insang

Sebagai tindakan pencegahan gurami stres, terkena jamur atau radang insang, Gosis memberikan setengah botol Bendoz-A untuk kolam ukuran 2×3 yang ditebarkan 3 jam sebelum benih gurami masuk kolam.

Mengobati Gurami Terkena Jamur

Gurami terkena jamur biasanya ditandai dengan munculnya serabut berwarna putih, krem atau coklat menyerupai kapas pada tubuh, sirip atau mulut ikan. Untuk mengatasi gurami yang terkena jamur, Gosis mengandalkan garam ikan dan Bendoz-A. Caranya Gurami yang terkena jamur dimasukkan ke dalam ember atau wadah khusus yang berisi larutan garam ikan 1 kg, Bendoz A 1-2 tutup botol dan 10 liter air.

Rendam gurami yang sakit selama kurang lebih 0.5 menit atau cek gerakan ikan. Jika gurami yang sakit tersebut gerakannya sudah mulai lincah/gesit kembali, selanjutnya ikan tersebut bisa dimasukkan ke kolam lain yang steril dari jamur. Larutan garam ikan yang digunakan sebelumnya juga ikut dimasukkan ke kolam yang baru.

Mengobati Gurami Sakit Radang Insang

Gurami yang sakit karena radang insang/busuk insang biasanya akan lebih sering berada di permukaan kolam untuk mengambil nafas dan membuat gelembung udara (jawa : mlupuk). Selain itu gurami yang sakit gerakannya lemah dan nafsu makan turun bahkan tidak mau makan sama sekali. Pada kondisi yang lebih parah bisanya gurami hanya mengambang/menggantung di permukaan air dan bila bergerak oleng.

Ada beberapa perlakuan yang dilakukan Gosis untuk menangani gurami yang terkena radang insang. Secara garis besar perlakuan untuk gurami yang terkena radang insang yang diaplikasikan Gosis adalah :

Kurangi kepadatan gurami di dalam kolam
Ganti separuh air kolam dengan air baru atau bisa juga gurami dipindah ke kolam lain yang sebelumnya telah diberi 1 tutup botol Bendoz-A.
Selama perlakuan ini pakan pelet dihentikan dulu dan gurami cukup diberi pakan daun.
Jika dalam 3-4 hari sudah tidak ditemui gurami yang mengambang di permukaan air maka pemberian pelet sudah bisa dilanjutkan kembali.
 (murdoko)

Written by : Your Name - Describe about you

Forum ABATA GROUP penyedia benih ikan air tawar bibit gurame,lele,nila,ikan mas/tombro,karper,bawal dan patin dari ukuran kuku sampai jempol melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui cargo pesawat -081328030055.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar