cara mudah penyiponan benih ikan kolam semen/terpal

bingung cara penyiponan kolam benih ikan?
berbagai jenis ikan tawar yang dibudidayakan di kolam semen atau terpal perlu penyiponan,jenis jenis ikan tersebut antara lain benih lele,benih gurami,benih bawal,benih koi,benih ikan mas,benih nila,benih patin dan lain lain.

barbagai artikel banyak memuat cara merawat ikan kolam terpal atau semen salah satunya penyiponan kolam semen/terpal untuk benih ikan,penyiponan atau pembersihan kolam ikan gurami tanpa harus menguras kolam.Walaupun sederhana Masih banyak yang bingung cara penyiponan kolam ikan terutama masih benih,karena benih ikan sangat perlu penyiponan atau salinitasi kolam,agar benih gurami selalu terjaga kesehatannya.

penyiponan kolam bertujuan agar kolam selalu bersih dari kotoran benih ikan yang akan menimbulkan bakteri negatif dan amoniak,selain membersihkan kotoran benih ikan,penyiponan juga bermanfaat untuk mengganti air dalam kolam yang bagian bawah yang memang air sudah keruh.

bisanya pelaku budidaya  melakukan penyiponan kolam jika benih ikan gurame menurun nafsu makannya atau sudah terlihat bibit terserang penyakit.
semua beranggapan tentunya bagi pemula bahwa penyiponan itu sangat rumit.padahal penyiponan sangat mudah dan tidak perlu biaya,penyiponan ini harusnya di lakukan rutin paling tidak   3hari sekali untuk mebersikan kotoran ikan yang menumpuk dan juga lumut yang kasar,karena lumut yang kasar ini dapat menjerat benih benih ikan,terutama benih gurami.

Berikut dua cara penyiponan agar kolam benih ikan selalu bersih dan jauh dari penyakit penyakit ikan yaitu:

  • *pertama.penyiponan dilakukan dengan manual,ini sangat efektif karena tidak bersuara sehingga benih ikan gurami tidak takut.penyiponan manual ini,alat yang di butuhkan hanya selang dengan panjang sekitaran 2meter sampai 4meter menyesuaikan jakak pembuangan air kolam benih ikan.cara penggunaanya yaitu selang di masukkan ke kolam benih ikan lalu di sedot sampai air mengalir lewat selang ke pembuangan air , tentu penyiponan ini hanya bisa dilakukan dengan kolam semen atau terpal diatas permukaan tanah,setelah air mengalir,arahkan selang yang berada dalam kolam kebagian bawah yang kotor,kotoran akan ikut mengalir air keluar kolam lewat selang.
  • *kedua.penyiponan bisa dilakukan dengan mesin penyedot air,arahkan selang ke bagian bawah yang kotor sampai rata.jika memakai mesin tentu penyiponan dapat dilakukan dikolam terpal dinding tanah benih ikan.

demikian cara penyiponan benih ikan yang baik menurut yang kami ketahui.

Semoga bermanfaat


#fery sumanto

Written by : Your Name - Describe about you

Forum ABATA GROUP penyedia benih ikan air tawar bibit gurame,lele,nila,ikan mas/tombro,karper,bawal dan patin dari ukuran kuku sampai jempol melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui cargo pesawat -081328030055.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar