Home » » mengobati bibit lele menggantung / berdiri

mengobati bibit lele menggantung / berdiri

Budidaya bibit lele sering dihadapkan dengan masalah teknis salah satunya penyakit bibit ikan lele yang menggantung atau berdiri di permukaan,banyak penyebab benih lele menggantung mulai dari kwalitas benih hingga kolam budidaya.

para pembudidaya bibit lele sangat kebingungan jika bibit lele sudah mulai berdiri atau mengantung karena rata rata benih lele yang berdiri akan mati.
Pemilihan benih lele yang baik mutlak penting karena benih lele yang berkwalitas adalah salah satu dari iktiar budidaya benih ikan lele.banyak dari petani budidaya ikan lele yang tidak memperhatikan kwalitas bibit lele saat membeli namun hanya mencari bibit lele dengan harga murah.

Mengatasi atau mengobati bibit lele yang menggantung ini memang sulit lebih baik mencegah,namun jika sudah terlanjur benih ikan berdiri, kenali benih ikan lele berdiri karena apa?

Mengenali bibit lele berdiri karena benih sedang sakit atau kwalitas air yang buruk  yaitu dengan cara pemberian pakan,jika benih lele tetap masih makan walau kurang nafsu berarti kwalitas air kolam yang buruk,namun jika benih ikan lele tidak mau makan berarti ikan lele sedang sakit.

Yang sering menyebabkan bibit lele  menggantung yaitu:
  • Kwalitas air kolam yang buruk
  • Kadar ph air air tidak terjaga
  • bibit Ikan lele sedang terserang penyakit


Cara mengatasi atau mengobati bibit ikan lele yang berdiri
  • Jika ikan tawar selain bibit lele jika sakit harus dihentikan pakan pelet,namun kusus benih lele tetap di beri pelet secukupnya.
  • Lakukan penyiponan/membersihkan air kolam agar kwalitas air bagus
  • Pisahkan benih ikan lele yang sakit/menggantung dengan bibit lele yang masih terlihat sehat
  • Geprak benih bawang lalu kasihkan ke tengah bibit lele yang menggantung     
  • Obati bibit lele dengan garam atau obat yang ada di pasaran Jika masih mau makan berikan obat benih lele di campurkan dengan pakan


Demikian cara-cara mengobati benih lele yang menggantung,cara cara pengobatan benih lele yang menggantung dapat di coba menyesuaikan penyebab benih lele menggatung.

Semoga bermanfaat


#fery sumanto

Written by : Your Name - Describe about you

Forum ABATA GROUP penyedia benih ikan air tawar bibit gurame,lele,nila,ikan mas/tombro,karper,bawal dan patin dari ukuran kuku sampai jempol melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui cargo pesawat -081328030055.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar