Home » » limbah ikan alternatif pakan ikan lele

limbah ikan alternatif pakan ikan lele


Ikan rucah/lemuru/tongkol altnatif pakan ikan lele
ikan rucah ini ikan-ikan yang tidak layak konsumsi. Mereka ikan kecil yang ikut terjaring pada saat nelayan mencari ikan-ikan yang layak jual (tongkol, tuna, dll). Ugh menggunakan jaring besar bukan cara menangkap ikan yang baik, memang. Ikan-ikan ini biasanya tidak laku dijual untuk makanan manusia. Kalau buat hewan ikan rucah., cocok banget. Apalagi buat jadi campuran pakan alternatif lele.
Harga ikan rucah relatif  murah. Sebakul  Rp 20.000 - Rp 30.000. Kandungan protein di ikan rucah tinggi. Kalau saya baca penelitian di Internet, bisa sampai 44 %.

Untuk meningkatkan keuntungan dalan usaha agribisnis, para peternak ikan lele berupaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan lele dengan memberikan berbagai pakan alternatif. Memberikan pakan tambahan yang berupa pakan buatan saja memang terlalu berat terutama bagi pembudidaya ikan lele dengan kapasitas permodalan kecil. Pakan buatan adalah pakan yang sengaja dibuat oleh manusia atau pabrik untuk memenuhi kebutuhan pakan pada kegiatan budidaya lele. Sementara itu, mengandalkan ketersediaan pakan alami juga tidak mungkin, mengingat dalam kegiatan budidaya ikan lele yang dilakukan secara intensif ketersediaan pakan alami tidak mampu lagi mencukupi kebutuhan ikan lele terhadap pakan. Oleh karena itu, pemberian pakan alternatif sangat besar pengaruhnya untuk menopang pertumbuhan dan perkembangan ikan lele dalam kegiatan budidaya.
Pakan alternatif sangat banyak ragamnya dan bisa didapat di sekitar lokasi budidaya. Secara prinsip, pemberian pakan alternatif ini bertujuan untuk menekan biaya selama proses budidaya. Oleh karena itu, pertimbangan utama dalam mencari pakan alternatif untuk ikan lele adalah harga yang murah dan mudah didapat. Beberapa jenis pakan alternatif yang bisa didapatkan dengan harga murah dan mudah dalam pencariannya antara lain limbah peternakan ayam, daging bekicot atau keong mas yang banyak terdapat di daerah persawahan, limbah pemindangan ikan, ikan runcah, serta ikan-ikan yang sudah rusak dan tidak layak dikonsumsi manusia yang biasanya banyak terdapat di daerah pesisir.
Pakan alternatif ikan lele

Pakan alternatif adalah pakan jenis lain yang bisa diberikan kepada ikan lele terutama pada kegiatan usaha budidaya ikan lele pembesaran. Pakan tersebut bukan buatan pabrik maupun petani, melainkan sisa-sisa industri peternakan, limbah pemindangan, ikan rucah, atau berupa hama-hama Selain harganya murah dan cara perolehannya yang mudah didapat, pakan alternatif mengandung protein yang cukup untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan ikan lele. Numun, pakan alternati juga memiliki kelemahan, yaitu cara pemberiannya yang kurang efektif sehingga memerlukan beberapa penanganan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada ikan lele. Untuk pemberian ikan runcah juga harus dipisahkan dulu antara daging ikan dan tulang-tulangnya karena tulang-tulang ikan runcah tersebut tidak akan dimakan oleh ikan lele..

Anda sangat beruntung jika dikota anda dekat dengan pantai.
Peternak di sukabumi, Jember dan Tanjung pinang membuat pakan alternatif dengan bahan utama ikan lemuru atau ikan rucah. Ikan rucah disebut biasanya untuk penyebutan ikan murah yang terdapat di Tempat peleklangan ikan (TPI)

Bahan-bahan yang dibutuhkan : (untuk pembuatan 10kg pakan)
Ikan lemuru           4kg    x  Rp.4000            Rp.16.000
Singkong               4kg    x  Rp.1500            Rp.  6.000
Bekatul                  2kg    x  Rp. 2000           Rp.  4.000
Tepung ikan       0,25 kg  x  Rp. 8000           Rp.  2.000
Antioksidan  secukupnya                             Rp.  1.000
Total                                                           Rp.29.000
Rata-rata biaya pakan per-kg                        Rp.2.900,-

Cara pembuatan :

          Mencampurkan ikan lemuru dengan ubi singkong dengan perbandingan 60:40, singkong direbus kemudian dijemur terus diaduk dicampurkan dengan ikan. Tambahkan antioksidan yang dapat dibeli ditoko pertanian.
Pemberian singkong rebus berfungsi  menghindarkan ikan dari penyakit gatal-gatal dan bentol-bentol.  Ikan rucah ini cukup murah. Pada ikan lemuru anda berikan antioksidan. Antioksidan diperoleh di toko pertanian.
Semoga bermanfaat.

Written by : Your Name - Describe about you

Forum ABATA GROUP penyedia benih ikan air tawar bibit gurame,lele,nila,ikan mas/tombro,karper,bawal dan patin dari ukuran kuku sampai jempol melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui cargo pesawat -081328030055.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar