Home » » perawatan sederhana larva ikan mas

perawatan sederhana larva ikan mas


Ikan mas adalah jenis ikan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai usaha. Seperti untuk bisnis masakan hingga budidaya. Ikan mas mempunyai cita rasa yang tinggi sehingga disukai konsumen. Ikan mas memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat sehingga baik untuk dibudidayakan. ikan mas air tawar saat ini banyak diminati sebagai ikan konsumsi dan cocok untuk dibudidayakan.

Selain ikan mas ,ikan ini mempunyai beberapa nama seperti ikan tombro atau ikan karper. Sekarang ini sudah banyak dikenal jenis ikan baru hasil persilangan ikan mas seperti ikan mas Nyonya, ikan mas merah, Majalaya, Taiwan, Kumpai, Kaca dan lain sebagainya
Jenis budidaya ikan mas dapat dipelihara di dalam kolam beton, kantong Jaring Apung, kolam tanah, kolam air deras,  dan lain-lain bergantung pada ketersediaan lokasi. 

Pemberian makan pada budidaya ikan mas bisa bermacam-macam jenisnya, mulai dari pakan alami hingga pelet buatan pabrik. Yang perlu Anda diperhatikan yaitu kualitas dari air pada media  budidaya ikan mas antara lain pH air pada kisaran 7 – 8, kadar oksigen yang cukup dan tidak tercemar oleh kandungan zat kimia berbahaya.

Peluang bisnis budidaya ikan mas dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, Anda bisa membuka usaha budidaya ikan mas untuk keperluan pembibitan atau budidaya ikan mas untuk keperluan konsumsi. Usaha pembibitan ikan mas mempunyai prospek yang cerah, karena terjadi perputaran modal yang cepat. Untuk penyediaan bibit ikan mas bisa dimulai dari benih ikan mas baru menetas, benih berumur sekitar sebulan, benih berumur dua bulan. Pada setiap umur ikan mas memiliki prospek ekonomi.
Pendederan Ikan Mas

Apabila larva sudah cukup kuat waktunya melakukan pendederan ikan mas, biasanya dilakukan di kolam lumpur/sawah meskipun bisa juga untuk dilakukan di kolam semen. Persiapan kolam tanah yaitu dengan cara meratakan tanah dasarnya, kemudian tebarkan 10-15 karung kotoran ayam, isi dengan air setinggi ± 40 cm lalu rendam sepanjang 5 hari tanpa dialiri air. Ini dimaksudkan supaya plankton sebagai sumber pakan alami ikan mas bisa tumbuh di lokasi kolam pendederan. Untuk luasan kolam lumpur 100 m², tebarkan 100.000 larva larva waktu pagi hari, berikan pakan tambahan seperti tepung pelet / pelet yang sudah direndam. Pada umur 3 minggu bibit ikan siap untuk dipanen, bisa untuk dijual / dipelihara kembali pada lokasi kolam yang berbeda. Hal yang sama bisa dilakukan untuk pembesaran benih ikan mas pada di ukuran yang lebih besar, hanya untuk kepadatan ikan sebaiknya dikurangi.
 
Pembesaran Ikan Mas

Pembesaran ikan mas yaitu upaya untuk memenuhi kebutuhan permintaan akan ikan mas untuk konsumsi, ukuran ikan mas siap untuk konsumsi dapat bervariasi mulai dari ukuran 300 gr hingga 1 kg. Upaya pembesaran ini dapat dilakukan di lokasi Kolam Lumpur, Kolam Air Deras atau Keramba Jaring apung.

Usaha Pembesaran Ikan Mas Pada Lokasi Keramba Jaring Apung

Pembesaran Ikan Mas bisa dilakukan di keramba Jaring Apung yang biasanya dipasang pada perairan umum. Penentuan tempat penempatan jaring dalam suatu perairan bisa sangat membantu keberhasilan proses produksi. Beberapa ciri perairan yang baik diantaranya air bergerak pada kondisi arus yang besar, namun bukan arus kuat. Penempatan jaring-jaring bisa dipasang secara sejajar sesuai arah angin, badan air cukup besar & luas sehingga bisa menjamin kestabilan kualitas air, kedalaman air sedikitnya bisa mencapai jarak diantara dasar jaring dgn dasar perairan 1,0 m, kualitas air cocok untuk pertumbuhan anatara lain suhu perairan 27°-30°C, oksigen terlarut tdk kurang dari 4,0 mg/l, dan kecerahan air tak kurang dari 80 cm.


Pem benih an ikan mas termasuk mudah untuk dipelajari. Jika sudah bisa membedakan mana indukan yang dipijahkan secara alami atau indukan yang hanya bisa dipijahkan secara buatan maka memilih usaha pem benih an ikan mas /tombro merupakan pilihan yang tepat. Banyaknya pelatihan-pelatihan, buku-buku dan dan para ahli membuat kita bisa cepat belajar. Namun, bukan berarti tidak ada kelemahan pada cara budidaya benih ikan mas ini, tetap ada kendala dan kesulitan yang akan kita hadapi. Karena kondisi lingkungan yang berbeda belum tentu keberhasilan yang kita dapat akan sama. Contohnya ketersediaan air alami dan intensitas cahaya matahari yang menyinari kolam. Oleh karena itu kita sesuaikan dengan kemampuan kita dan jika bisa kita mungkin akan menemukan cara yang berbeda sehingga kelemahan dan kendala yang kita hadapi dapat kita minimalisir. Banyak - banyaklah belajar dan bertanya pada pakar maupun peternak benih ikan mas yang sudah berpengalaman sebelumnya. Tidak ada salahnya kita mengikuti seminar yang biasanya diadakan oleh dinas setempat. Karena bisnis benih ikan mas ini tidak akan ada habisnya, masih banyak peternak yang kesulitan memenuhi permintaan pasar ikan  benih ikan mas yang membludak .
Semoga bermanfaat

Written by : Your Name - Describe about you

Forum ABATA GROUP penyedia benih ikan air tawar bibit gurame,lele,nila,ikan mas/tombro,karper,bawal dan patin dari ukuran kuku sampai jempol melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui cargo pesawat -081328030055.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar