Home » » semua suka ikan nila

semua suka ikan nila

Siapa yang tidak mengenal ikan nila, dari dagingnya yang enak juga tingkat komsumsinya tinggi. Dari beberapa pembudidaya ikan nila mengatakan banyak keuntungan yang didapatnnya, salah satunya pembudiya ikan nila, ikan Nila merupakan ikan yang disukai masyarakat Sebab selain rasanya lezat juga mengandung omega tiga yang penting bagi kecerdasan otak,Ikan Nila sangat enak rasanya jika digoreng dan dipepes selain  rasanya enak dan harganya juga terjangkau.

Ikan nila merupakan ikan yang paling mudah dibudidaya. Nila tidak rentan terhadap penyakit, mudah dibesarkan dan dikembangbiakkan,Di banding Lele, Gurame, dan Patin, Nila jauh lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Sebagai contoh, di kolam ukuran 200 m3 disebar 5.500 ekor benih Nila. Namun hanya lima persen saja yang mati. ini menunjukkan Nila tahan terhadap serangan penyakit.
Nila merah yang banyak dikembangan adalah Nila Larasati. Nila tersebut merupakan hasil perkawinan Nila jantan Pandu dengan Nila betina Kunti. Nila Larasati ini dagingnya lebih tebal untuk dikonsumsi dibandingkan Nila lainnya. Harganya per kilogram sekitar sebesar Rp 14.000.

Memang sebagian dari petani  mengeluh tentang kesulitan modal. Modal masih banyak berasal dari bank komersial dengan bunga tinggi selain riba tentu hal ini akan  mengurangi ke untung dari budidaya benih nila merah di pihak budidaya yang berhutang.

Namun ada beberapa kelompok tani sudah mendapatkan bantuan pemerintah berupa empat paket induk. Satu paket berisi 100 ekor Nila jantan dan 300 ekor Nila betina.Dengan demikian petani diharapkan tidak kesulitan modal untuk budidaya benih nila, Selain itu juga banyak petani benih nila diberi bantuan perbaikan kolam dan diberi dua paket induk.

Sebenarnya modal pas pasan tidak menghambat untuk memulai wira usaha karena tentu jika demikian halnya,para pemodal besarlah yang bisa wira usaha karena orang miskin tentu tidak bisa berwira karena tidak punya modal usaha artinya berwirausaha tidak melulu mengandalkan modal banyak cara untuk berwirausaha misalnya bisa dimulai dengan kemampuan kita bisa bekerja sama denga pihak yang bermodal.


(Sumber : Republika, budidaya ikan. Dengan sedikit editan)

Written by : Your Name - Describe about you

Forum ABATA GROUP penyedia benih ikan air tawar bibit gurame,lele,nila,ikan mas/tombro,karper,bawal dan patin dari ukuran kuku sampai jempol melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui cargo pesawat -081328030055.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar